TAnAmAn sIRih mErAh ,,, obAt mULti fungSi ..,

Tanaman sirih merah ,, ,, adalah tanaman yang tumbuh merambat , dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai ,yang tumbuh berselang-seling dari batangnya serta penampakan daun yang berwarna merah keperakan dan mengkilap. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fiti-kimia ,,, yakni alkoloid, saponin, ta-nanin dan flavonoid. Sirih merah sejak dulu telah digunakan oleh masyarakat yang berada di Pulau Jawa untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit dan merupakan bagian dari acara adat .Penggunaan sirih merah dapat digunakan dalambentuk seg
ar, simplisia maupun ekstrak kapsul.

Secara empiris ,,, suruh merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit ,, seperti ,, :

 

v diabetes militus

v hepatitis

v batu ginjal

v menurunkan kolesterol

v mencegah stroke , asam urat

v hirpetensi

v radang liver , radang prostat , radang mata ,

v keputihan , magh , kelelahan , nyeri sendi , & memperhalus kulit .

 

 

Cara penggunaan simpsilia sirih merah yaitu dengan merebus se-banyak 3-4 potongan rajangan dengan satu gelas air sampai mendididh. Setelah mendidih , rebusan air tersebut disaring dan dididinginkan. Penggunaan sirih merah dapat dilakukan selain bentuk sim-psilia juga dalam bentuk the , serbuk , dan ekstrak kapsul.

Pembuatan serbuk sirih merah yaitu diambil dari simplisia yang telah kering kemudian digiling dengan menggunakan  grinder mencapai ukuran 40 mesh. Pengemasan dilakukan pada kantong plastik transparan dan diberi label.Sedangkan ekstrak kapsul dibuat dari hasil serbuk yang siekstrak dengan menggunakan etanol 70% . Ekstrak kental yang dapat didapat ditambahkan bahan pengisi tepung beras 50% dan dikeringkan dengan menggunakan oven pada suhu 40oC , setelah kering dimasukkan ke dalam kapsul.

 

 

Sejak jaman nenek moyang kita dahulu tanaman sirih merah telah diketahui memiliki berbagai khasiat obat  untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit , disamping itu ,, sirih merah memiliki nilai-nilai spiritual yang tinggi ,, Sirih merah dipergunkan sebagai salah satu bagian penting yang harus disediakan dala setiap upacara “ngadi saliro”. Air rebusannya yang mengandung antiseptik digunakan untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan menyembuhkan penyakit keputihan serta bau tidak sedap.

 

Tanaman sirih merah mempunyai banyak manfaat dalam pengobatan  tradisional , mempunyai potensi enyembuhkan berbagai penyakit. Banyak pengalaman bahwa menggunakan sirih merah ,,  dalam bentuk segar ,, simplisiamaupun ekstrak kapsul sangat banyak funsi dan manfaatnya ….,,^^ ( sumber : Feri. Manoi  ,, Warta Puslitbangbun Vol. 13 No.2 ,, dengan berbagi perubahan)

Published in: on Maret 11, 2011 at 8:36 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

fUngsi , aTau mAnfaat sedekah …,

…,

semua agama pasti mengajarkan untuk sedekah, sedekah adalah memberikan atau membantu seseorang untuk turut merasakan rezeki yang Tuhan berikan kepada kita atau membagi kebahagiaan kepada orang lain sehingga orang lain itu juga turut merasa bahagia …,.,

adapun fungsi atau manfaat sedekah :

ü      Belajar untuk menghilangkan rasa terlalu cinta terhadap harta ,,

ü      Menumbuhkan rasa dermawan kepada dirinya sendiri

ü      Menghilangkan rasa dengki terhadap orang lain ,,

ü      Mempererat persaudaraan akan sesame manusia …

ü      Menambah pahala , bagi orang yang bersedekah dengan tulus ikhlas ,,,

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat sedekah ,,,,,,,,

Ehmmmmmmmbb , sebaiknya kita mulai bersedekah mulai sekarang ,,, karena …biasanya , kalau kita itu belajar dari kecil , akan mudah diingat sampai nanti , seperti pepatah bilang ,, “belajar di waktu kecil , bagaikan mengukuir, dia atas batu ,, tetapi ,, belajr ketika sudah tua ,, bagai mengukir di atas air , yang akan mudah hilang ,,

Tetapy gag ada salahnya jugha kita belajar diwaktu tua , cZ “tidak ada istillah tua untuk belajar” ,, tapy lebih baik belajar di waktu sekarang …,

Lhoh kogh jadi mbahas belajar ,,

Owh iya ,, sedekah itu bukan Cuma memberikan sesuatu kepada seseorang dengan begitu saja , tetapi …

Ada sedikit yang saya tau ,, apa yang dimaksud sedekah yang baik itu ..,

Adapun sedekah yang paling baik :

v     Sedekah yang niatnya tulus ihklas mengharapkan kebaikan dunia dan akherat

v     Sedekah bukan karena pamer, gengsi atau sombong – sombongan.

v     Sedekah tanpa ketahuan atas nama siapa, dari siapa semata memberi dengan murni

ketulusan ….

Insyaaallah dengan seperti itu sedekah kita akan diterima oleh aLLah …

Sepertinya itu saja yang bsa saya tulis disini  ,,  bILa ada kurang lebihnya , bias ditambahkan sendiri oleh pembaca ,,,

bUrung camar , burung cEndRawasi h …,

cUkup sekian , dan …

tRimakasih ,,, (lebih…)

Published in: on Februari 11, 2011 at 6:43 am  Comments (7)  

jAm kOsOng bIkin rAme ??? …,,

JAm kOsOng ……

Biasanya adalah hal yang paling disenangi oleh semua murid (setahuku lhoch) padahal , jam kosong itu sangat merugikan sekali , sudah sekolah tapy gag dapat pelajaran , pErcUma khan ???!!!

 

biasaNya kalau waktu jam kOsOng , bAnyak sekali kegiatan yang dilakukan oleh teman” di kelas qWw..

cOntOhnya, sEpak bola di dalam kelas (padahal itu sudah di larang tetep aja anak” bandeL) , kalau gag gitu bErguRau , biasanya ada yang membuat ulah supaya teman”nya tertawa , kadang ada jugha yang sAmpe’ nyebut-nyebut nama orang tua , kadang jugha njeLek”in tempat asalnya , misalnya … ada salah seorang teman q yg tinggal di turen, , tRuz ada temen q yang laen  yang nJelEk’’in tuRen , yang desalah, ketinggalan jaman lhah , tapy teman-teman aQw tidak pernah menanggapinya dengan serius , karena semuanya itu cUma bErcaNda ,,,

kadang aku jugha sering bergurau sama teman-teman qW ,,, biasanya sIch aku tue kalo jam kosong nyanyi-nyanyi gitu sama teman sebangku aqW ,, (hHa… pD mode oNJ)

Tetapy dibalik semua kenakalan dan gokilnya temen-temen qWw , ternyata mereka jugha krEativ J , buktinya, baru kemaren-kemaren waktu jam kosong mereka sibuk merenovasi jam dinding di kelas kami , akhirnya terciptalah jam dinding yang di-sisi’’nya ada sebuah lampu yang bisa berubah warna , aku menyadari bahwa sebenarnya temen” itu kReativ , tetapy kadang mereka jugha menyebalkan ,,,

tEtapY  kadang mereka jugha menghibur dan mengasYikkan , pokoknya aku seneng dEch punYa temenD sEpErti mEreka ,,

banyak sIch yang dilakukan waktu jam kosong , padahal jam kosong itu sangat merugikan bagi murId , aQw jugha gag taw ,, aQw sendiri jugha senang kalau waktu jam kosong ,,, he….he….he… 🙂 🙂 🙂

 

Published in: on Februari 4, 2011 at 7:35 am  Comments (3)  

tIpz bELajAr^^

AZkum cmwa…….,>>

dI kesempatan kaLy ini … aQw akan membahas tentang bagaimana caranya qta belajar yang baek ,,, ! aNd mencapai hasil yang memuaskan !!!yach bisa di bilang tips belajar Lhah ,,,

PeRtama….sEtiap hari kita harus belajar, mau “ada pr” nggak ada “pR”, mau ada “ulangan” gag ada ulangan , pokoknya qta harus belajar ….

Dan yang ke-2 , , , kalau belajar tuch diselingi aktivitas yang laen , diselingi nDegerin musik, apa kek biar otak qta gag terlalu penat ,, he…he….he….J

Yang ke-3 , .. seteLah membaca atau mendengarkan sesuatu , sebaiknya qta membuat catatan kecil tentang sesuatu yang habiz qta baca tadi, atau yang sudah diterangkan oleh “Guru” .

Dan jangan lupa , sisakan waktumu untuk mengulang pelajaran yang diajarkan guru di sekOLah saat belajar nanti…teruz , baru dech kamu belajar untuk pelajaran bes0k ,,,, :> Ehmmm…. bukan cuma itu saja , suasana juga harus mendukung , biasanya , kalau suasananya tenang , dan jauh dari suara-suara yang mengganggu atau ramai , belajarnya akan lebih konsentrasi dan mudah mengerti (itu sich yang aku rasain)

Lingkungan juga begitu , biasanya kalau kita berada di ruangan yang bersih , kita akan lebih nyaman untuk belajar .

Tapy , , kamu jugha haruz ingat , waktu beLajar kamu jugha harus teratur ,

kalau perlu , kamu buat jadwal untuk belajar

Satu lagi , bila kita belum mengerti pada sesuatu yang sudah diajarkan oleh guru , kita harus bertanya, jangan diam aja !!! kata pepatah “takut bertanya sesat di jalan” , atau kalau gak ke guru , ke siapa aja dech , misalanya ke orang yang lebih tua dan lebih mengerti dari kita …, aQ yakin …. Dengan cara seperti itu , kamu akan mendapatkan hasil yang memuaskan ….

Mungkin itu yang  bisa yang aku sampaikan untuk meningkatkan hasil belajar kalian,

dan semoga bermanfaat !!!! ,,,,,,,aMien ,,,,,,,-^^-

 

dua tiga buah salam …….

Sekian ,,, WassaLam ,,,,

Published in: on Januari 28, 2011 at 7:07 am  Comments (6)  

pEngALaman y6 tak tErlupakan~

Eh tEmEnD’’ aQw bleh curhat gag ???

Aqw LagEe sEdIch bAngEtz nIeCh , , ,

EHm . . .

sEbEnErNya sich mAsaLah nIe uDach bEbErapa bULan y6 LaLu , tphY rAsanya mZieh meng6aNjaL sAmpe’ sEkaRang , hAti aQw tUe gag pErnAh tEnaNg . . . . .

aWaLnya kAnt gEnEe . . .

aqw kAnt pUnyA tEmEnd yAch ! ( ya iYaLah , kALyAnt sMwAx pAzti jU6ha punya tEmend ) tapY mereka ( temend’’ aqW ) tUe bEdA bAngEtz sA5 y6 Laennya , kAnt sEtiap hAri aQw sMa 3 tEmEnd aQw tUe kAnt mAEn bArEng , yAaa . . .pOkOknya  sErbA bAreng dEch . . . ! nAmAnya jUgha sAhabAt .

yAaaaa bUkan piLih’’ tEmEnd sich!

Tapy aQw nGerAsa nYamAn aJa , kALau bRada dI dKet mReka !

tApy . . . aqw gag nyangka kALau sALah sAtu dIaNtara tEman kAmi , aDa yang sYirik bAngEtz 5 persAhAbatan kAmi yang dEkEt bAngEtz .

aQW gag bisa nYebUtin nAmanya , tAkutnya nAntI mNimbUlkAnt mAsALah yang bArUe , , ,

eHm . . . . .

aQw kAnt seRing bAngEtz jlAN 5 TmEND’’ , kE kAntIn , wAktu dI sUrUh dIzkUsi , mAju ke depan nYanyi , , , dLL

kRnA kMi slLu deket . . .. slah sAtu dri tmnd kami yang syirik tue n6LedEkin kAmi deNgAn sEbUtan  “gEnk imUt” , pdHaL kMi n6erAsa gag ada saLah aPa’’ saMa dia !!!

yA udAch , kAmi bIArin , , , , kMi rAsa dia CUma bErcanda !

eh tErnyata dIa syirik . . . .

sAmpE’’ dia nyebarin fitnAh , kALau kAmi tue bikin gEnk , pDahAL eng6ak !!!

dAn , , , pOkOknya bAnyak gossip yang ng6ak bener sOaL kami , , , ,

tApY , , , yang bikin aqw mRah bAnGetz, gossip yang gag bEneR iTu sAmpe’ mEnYebar ke kElaz Laen , ,

hAnYa gAra’’ gossip yang gag bEnEr itu ,  banyak yang gag suka aQw ma 3 tmend’’ qW itu . . .

dAn . . . .

bIasanYa kALAu kAmi Lewat tUe dIpELototin tEruz . . . kYak n6Liyatin sEtan aJA , , ,

taPy gag pErnah aQw pEdULi’in. . .cZ kLu dIpikiRin mALAh bIkiN pusIng , , ,

tApy sAmpe’ sekaRan6   rAsaNya kYAk ada yang mAzih mEnggaNjaL dI hTi aQw . . . tpY  sEkaRang mEreka kyaknYa  udha bEruBah . . .

tPy sEbAgIaN aja !!

udach dEch . .

gug usah dIpikirin ^^

d6 , , , kjaDiN’’ yan6 pErnah aQw aLamI . . .

aQw ingIn bEr pSan sMA kLyant . . .

“jaNgaN pErnAh puTuz asa daLam mEnghadapi mAsaLAh !!! “

dAn . . .

jAn6an sEsEkAli kAmu mEmfitnah oRang Lain . . .

cZ. . .

iTuw bZa mEnyebabkan mAsaLah yang bEsar , dAn akan mEnyakiti hTi sEsEorang y6 kAmU fItnah itu , , ,

bisa-bisa  karEna sAkit hAtinya y6 daLAm itu , , , kejahatan kamu tIdak akan dima’afkan sAmpai nanti . . . .

s0 . . .

bElajarLah mEnjAdi aNak yang bAek , dAn bIza mEnghArgAi pErAsaAn  oRang LaeN . .

dAn , aQw bErhArap nggak ada yang sEnasIb sMA aQw dAn tMenD’’ qW . . .

aMiEnNn . . . . . . . . . . . (lebih…)

Published in: on Januari 21, 2011 at 7:14 am  Comments (3)  

LibUrAn y6 mEmb0sAnkAn*_*

Liburan kAly iNie , , , , , aDalah Liburan y6 paLing mEmbosAnkAn !!!

Itu sich menurut aQw , gag tAw yAch kLu kALyant >>

Ehm . . . .

LibuRan dI aKhIr semester 1 nIe aQw di Rumah aja ,

kLu dImuLai dArI pAgEE sich , sEUsAi sHoLat sHubuh , aQw LaRi” keciL mEngeLiLingI sekitAr rUmah aQw , gug tErLaLu jauh sich dArY rUmah , yang penting udAch pEmanaSan, hHe . . . ^_^

TerUz,,, mAeN bULu tAn6kIs sAmA aDikku , kLu gag gEtOo yOw mAEn sEpAk bola !

Abiz oLah raga bIasanya aQw bAntu’’ ibu masak , tYuz bEres’’ rumah , kLu tugas’’ aQw uDach sELesAi cMuwax tin96aL saNtAi dEch , , , ,

n’ kLu mALem , aBiz sHoLat mAghRib aQw bElajaR , , ,

sEuSai bELajar nOvi / ndengerIn mUzIk , tYuz dinner ,

kLu uDach n6antugh , aQw sHOlat iSyA’ dULu , tYuz tIdUr dEch ! , , , ,

yA kayak gEtOo dEch sEhari-harinya !

kLu aQw pikir’’ sIch eNakan kLu mazUk sEkOLah , bAnyak tEmend , dY kAzIh uan6 sAku , , , n’ bisa bErcAndA aNd cUrhAt  5 sAhAbAt’’ bAEk aQw . . . .

hIdup gag aKan sEru dAn tErasa sEpI tAnpA sAhabAt <<<

kLu LibuRan kALyant gEmana ?????

sEru ng6ak ???!!!!^^

Published in: on Januari 21, 2011 at 6:51 am  Comments (10)  

mY fAv0rItE IdOL^^

Foto yang ada di atas tue , adalah  salah satu personil st12 yang  lebih tepatnya dikenal sebagai vokalis. Ya . . . tidak lain dan tidak bukan dia adalah “cHaRLy ST12”

Dan dia adalah salah satu idola favoritku . Yang bikin aku nge-fans banget ma dia adalah suaranya yang sangat khas , dan lagu-lagunya yang selalu cocog dengan keadaan aq. sELaNjUtnya

Published in: on Januari 14, 2011 at 7:56 am  Comments (2)  

sEkOLah y6 bErZih^^

 

bAgI qW , , , , , ,Sekolah yang bersih adalah sekolah yang didalamnya tidak ada sampah dan debu yang berserakan, kelas-kelasnya bersih , halamanya bersih, dan kamar mandinya pun juga bersih. Selain itu banyak manfa’at yang bisa diambil dari sekolah yang bersih. Murid-muridnya yang sekolah bisa  menjadi betah, guru-gurunyapun bisa  ikut merasakan kenyaman itu. Tidak hanya kenyamanan , sekolah yang bersih juga  membuat udara menjadi segar , dan kitapun menjadi sehat. Dengan adanya sekolah yang bersih,murid-murid pun jadi lebih jernih dalam berfikir ,sehingga lebih semangat untuk  belajar.

 

Tetapi, biasanya jarang sekali ada sekolah yang seperti itu. Menurutku di Masanega juga belum menjadi sekolah yang bersih , tetapi masih kurang bersih ! he..he..

 

Maka dari itu mulai sekarang, kita harus rajin menjaga lingkungan sekolah agar tetap bersih seperti ………………. Mengatur jadwal piket dan melaksanakannya dengan teratur , mengepel kelas setiap 2x seminggu, dan untuk penjaga sekolah sebaiknya ditugaskan oleh guru-guru untuk menyapu halaman setiap hari, membersihkan kamar mandi , dan mebakar sampah-smpah yang sudah kering.

 

Insyaallah dengan melakukan cara-cara seperti itu , sekolah yang bersih akan terwujud , dan murid-murid akan lebih nyaman dalam belajar, sehingga tidak ada rasa untuk ingin membolos, dan malas-malasan di kelas . . .

So ,,, mulai sekarang jaga lingkungan sekolahmu agar tetap bersih ya . . . .. !!!! SeLaMaT mEnCoBa ^_^

aNd , , mnurut kAlian , dI mAsAnEgA tUw udha merupakan sekOLah yang beRsih aTow gEmaNa ????jAwab yAch . . .^^

 

 

 

Published in: on Januari 14, 2011 at 6:53 am  Comments (2)  

mY gALerY^^

nExt^^

Published in: on Januari 14, 2011 at 6:46 am  Comments (1)  

Pengalaman Pertama Ikut EXTRA TIK di MASANEGA

Hari pertama saya masuk di Lab  Komputer Masanega saya takut karena saya belum mahir betul dalam mengelola Komputer, makanya saya ikut extra”TIK”.

Saya kira setelah mengisi blangko Extra Kurikuler Sekolah bisa langsung masuk dan mengikuti pembelajaran, eh…tidak semudah itu, ternyata saya harus menyelesaikan dahulu soal yang diberikan pembina Extra TIK untuk menilai siapa yang pantas mengikuti Extra TIK .

Dilakukan cara seperti itu karena komputernya terbatas,sedangkan yang mengikuti Extra TIK sangaaat banyak.

Pertama yang saya kerjakan adalah yang paling mudah, yaitu mengetik sebuah kalimat .Yang tersulit adalah mengatur posisi paragraf dalam satu lembar kertas dan dibagi menjadi  2 bagian . Yang paling membuat saya takut adalah “tidak lulus” karena saya mengerjakan tugas itu dengan rasa takut dan jadinya juga tidak sempurna .

Waktu berjalan cepat , jarum jam menunjukkan pukul 4 sore. Dan karena sudah sore guru pembina yaitu Mr.Mahfudz menyuruh kami untuk  pulang.

Aduh….?aku jadi semakin bingung karena tugasku belum selesai.

Hari berikutnya aku sangat gugup , aku lulus ataukah malah tidakbisa ikut “Extra TIK”.

Ternyata namaku dipanggil dan Lulus , aku sangat bersyukur kepada Allah karena menurutku sungguh tidak mungkin bagiku untuk bisa berhasil .

Hari-hari kulewati dengan bahagia , karena berkat ikut Extra TIK aku jadi bisa membuat email , main dengan Internet dan yang paling kusuka adalah setelah menyelesaikan Tugas yang diberikan Mr. Mahfudz aku dan teman 2 ku diberi waktu untuk bermain Internet , aku jadi bisa mengetahui kabar 2terbaru artis Idolaku yaitu Charly ST 12 yang cool itu loch..!!!

Harapan ku ikut Extra TIK adalah , aku ingin menjadi seperti kakak2 yang telah lulus dulu yaitu menjuarai

“Lomba Web Blog tingkat ASEAN” wah….! Gimana ya kalau aku yang jadi juaranya , pasti orang tuaku akan bahagia. Apalagi aku, aku akan lebih semangat lagi dalam belajar .

Pokoknya enak dech kalau kamu ikut EXTRA TIK di Masanega……!!!!!!!!

Published in: on Maret 20, 2010 at 5:51 am  Comments (2)